Just another WordPress.com site

Tentang E-commerce

PENGERTIAN
E-commerce adalah suatu cara perdagangan dengan menggunakan media sebagai wadah untuk penjualannya. contohnya seperti penjualan memalalui internet, tv, iklan danlainnya yang bersifat media. sistem pembayaran e-commers melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis
SEJARAH
Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat “perdagangan web” — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
JENIS-JENIS
* Collaborative Commerce (C-Commerce)
kerjasama elektronik antara rekan bisnis
* Business-to-Consumers (B2C)
Penjual adalah suatu organisasi dan pembeli adalah individu.
* Consumer-to-Business (C2B)
jenis ini dimana konsumen memberitahukan barang atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.
* Consumer-to-consumer
Penjualan barang atau layanan antara individu.
* Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
jenis ini dimana organisasi menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya.
* Government-to-Citizens (G2C) and to others
penyedian dilakukan oleh Pemerintah yang mana menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi ECommerce.
* Mobile Commerce (m-Commerce)
E-Commerce yang dilaksanakan pada lingkungan tanpa kabel (wireless environment), seperti menggunakan telepon seluler untuk akses internet.
KEUNGGULAN
# Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
# Menurunkan biaya
# Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
# Memperpendek waktu product cycle
# Meningkatkan daya saing perusahaan
# Meningkatkan customer loyality
KELEMAHAN
# Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.
# Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
# Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.
# sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.
# Penjelasan produk kurang jelas
# Kurang aman dalam melakukan transaksi
# Tampilan produk kurang jelas
# sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#Sejarah_perkembangan
http://dataserverku.blogspot.com/2012/03/jenis-jenis-e-commerce.html
http://serbaserbiecommerce.blogspot.com/2011/03/kelebihan-dan-kekurangan-ecommerce.html
http://uchewthirteen.wordpress.com/2011/03/28/kelebihan-dan-kelemahan-e-commerce/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag